Monday 10 March 2014

Suhu

Suhu ideal bagi pertumbuhan gurami adalah 24-28 C. Perbedaan suhu siang dan malam yang terlalu besar dapat menyebabkan kandungan oksigen di dalam kolam menurun dibawah ideal sehingga mengganggu pertumbuhan gurami. Suhu yang terlalu rendah memiliki risiko tinggi mendorong perkembangan penyakit ikan, hal ini tampak saat musim hujan tiba. Saat itu banyak petani yang mengeluh karena sering terjadi gagal panen. Untuk menghindari perbedaan suhu yang terlalu besar biasanya di pinggiran kolam ditanami pohon-pohon peneduh.

Debit Air

Debit air untuk setiap tipe kolam berbeda-beda. Kolam pemeliharaan polikultur membutuhkan debit 5-12L tiap detik, sedangkan kolam monokultur hanya dibutuhkan 3L tiap detik.

Kedalaman Air

Idealnya kedalaman air untuk pertumbuhan gurami antara 70-100 cm. Apabila kedalaman air terlalu dangkal akan menyebabkan perubahan suhu yang tidak stabil. Sebaliknya, kolam yang terlalu dalam akan mengurangi kesuburan kolam karena cahaya matahari sulit menembus sampai ke dasar kolam.

pH
Kolam pemeliharaan gurami idealnya memiliki pH netral, yakni antara 6,5-7,5. Cara menetralkan pH yang terlalu asam adalah dengan pemberian kapur atau soda kue kedalam air. Sedangkan, untuk menetralkan pH yang terlalu basa dapat dilakukan dengan penambahan asam fospor. Penambahan bahan-bahan tersebut harus dilakukan secara hati-hati dan sedikit demi sedikit, yaitu tidak lebih dari 0,3 unit tiap hari disertai pengecekan pH secara rutin.

Kandungan Oksigen

Kandungan oksigen menentukan daya tahan tubuh ikan. Ikan gurami minimal memerlukan kandungan oksigen sebesar 5 ppm. Kadar oksigen dapat ditingkatkan dengan cara menjaga aliran air agar tetap lancar dan membiarkan permukaan kolam dalam kondisi terbuka.

Derajat Kekeruhan

Derajat kekeruhan mempengaruhu pernafasan ikan. Cara menentukan derajat kekeruhan secara sederhana dapat dilakukan dengan memasukan benda berwarna putih kedalam kolam hingga kedalaman 40 cm. Apabila benda tersebut masih terlihat, maka kekeruhan air belum mengganggu kehidupan ikan.


Sumber:

Tim Redaksi Agromedia Pustaka.2001.Budi Daya Gurami.Jakarta:Agromedia Pustaka

0 comments: