Monday 27 May 2013

        Banyak orang yang beranggapan bahwa bidang pertanian itu sepele. Menganggap orang yang bekerja menggeluti masalah pertanian itu bisanya cuman nyangkul, membajak sawah, nanam, panen saja. namun dibalik itu semua ternyata bidang pertanian memegang peranan yang sangat vital bagi eksistensi manusia.
        Manusia membutuhkan makan, pakaian, dan rumah. Semua kebutuhan pokok itu sebagian besar diperoleh dari hasil budidaya pertanian. Misalkan saja pakaian. pakaian terbuat dari kain dan kain itu terbuat dari benang. sedangkan benang itu dmerupakan ollahan dari kapas. jadi kapaslah yang menjadi bahan dasar dari baju, dan kapas itu hanya ditanam oleh petani.
        Indonesia merupakan negara besar. apa yang menakuti negara sebesar indonesia??. Disaat negara besar sedang sibuk mempersiapkan peralatan tercanggihnya untuk menangkis serangan udara dari luar. Indonesia malah tenang-tenang saja. Namun apa yang membuat indonesia seperti kebakaran jenggot, adalah apabila sektor pertanian sedang terpuruk. Contohnya saat produksi bawang menurun dan harga melambung tinggi, pemerintah indonesia segera mempersiapkan jurus jitu untuk menanggulangi itu. Dipanggilnya pakar-pakar untuk mengahadapi situasi seperti itu. Sesuai hukum ekonomi dasar, bahwa jika penawaran naik maka harga akan turun dan jika penawaran turun maka harga akan naik. dalam situasi ini penawaran alias jumlah barang yang tersedia sedang rendah sehingga perlu adanya peninggkatan produksi. Untuk meningkatkan produksi tersebut diperlukan orang pertanian yang ahli. Begitu pentingnya pertanian sehingga kebijakan pemerintah saja bisa dirubah.
       Pertanian merupakan bidang yang tak akan pernah mati. Maksudnya, akan selalu dibutuhkan orang untuk mengembangkan dunia pertanian. Kenapa??, karena pertanian berhubungan dengan perut. Manusia akan selalu butuh makan, akan selalu bergantung pada pertanian. Terlebih lagi saat penduduk bumi semakin padat.

0 comments: